Selasa, Juni 25, 2024
Berita

Presiden Joko Widodo Ucapkan Selamat kepada PM Narendra Modi atas Kemenangan Pemilu India 2024

humasbatam.com – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), telah mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi, atas kemenangannya dalam Pemilihan Umum India 2024. Jokowi menyampaikan harapan untuk peningkatan kerjasama strategis antara Indonesia dan India.

Keterangan Presiden Jokowi

Melalui akun X-nya pada Rabu (5/6/2024), Jokowi mengunggah sebuah pesan: “Selamat kepada PM Modi @narendramodi atas kesuksesan penyelenggaraan dan hasil Pemilu India 2024. Semoga kemitraan strategis komprehensif Indonesia-India semakin meningkat untuk kesejahteraan kedua negara dan kawasan,” tulis Jokowi.

Respons Perdana Menteri Modi

Menanggapi ucapan selamat tersebut, Narendra Modi menyatakan rasa terima kasihnya. “Terima kasih @jokowi untuk ucapan hangatnya,” ungkap Modi melalui akun media sosialnya. Modi juga mengenang kunjungannya yang baru-baru ini ke Indonesia, yang menurutnya membawa banyak manfaat. “Saya mengenang kunjungan saya yang bermanfaat baru-baru ini ke Indonesia dengan penuh rasa suka. Nantikan kelanjutan kerja sama kita secara bilateral dan juga di forum multilateral,” ujar Modi.

Konteks Kemenangan Modi

Narendra Modi telah berhasil memenangkan pemilu, memastikan jabatannya sebagai Perdana Menteri India untuk ketiga kalinya. Kemenangan ini menandakan dukungan yang berkelanjutan untuk kepemimpinannya di India dan memberikan peluang bagi penguatan hubungan India dengan negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Presiden Jokowi dan PM Modi berbagi visi yang optimis tentang masa depan hubungan bilateral kedua negara, yang diharapkan akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan kedua bangsa dan stabilitas regional.