Selasa, Juni 25, 2024
Berita

Pemerintah Spanyol Gabung dengan Afrika Selatan Menggugat Israel ke Mahkamah Internasional

humasbatam.com – Pemerintah Spanyol telah mengumumkan keputusannya untuk bergabung dengan Afrika Selatan dalam mengajukan gugatan terhadap Israel ke Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) terkait dengan tindakan yang diduga sebagai genosida di Gaza. Keputusan ini datang sepekan setelah Spanyol bersama Irlandia dan Norwegia mengakui resmi negara Palestina.

Komentar Menteri Luar Negeri Spanyol

Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, mengutip AFP mengatakan bahwa tujuan utama Spanyol adalah mengakhiri perang dan mendukung inisiatif solusi dua negara. “Satu-satunya tujuan kami adalah mengakhiri perang dan menerapkan solusi dua negara,” ujar Albares. Ketika ditanya apakah aksi Israel di Gaza bisa dianggap genosida, Albares menekankan bahwa keputusan tersebut tergantung pada pengadilan. Albares menambahkan, “Saat ini kita melihat perang berskala besar, yang tidak membedakan sasaran sipil dan militer di Gaza, serta risiko besar terjadinya dampak regional.”

Pernyataan Perdana Menteri Spanyol

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, dalam sebuah forum ekonomi, menyatakan dukungannya bagi ICJ untuk menghentikan operasi militer Israel. “Penting bagi kita semua untuk memperkuat PBB, mendukung peran pengadilan sebagai badan peradilan tertinggi dalam sistem internasional yang berbasis aturan,” kata Sanchez. “Jangan ragu, Spanyol akan berdiri di sisi kanan sejarah,” tambahnya.

Langkah-langkah ICJ Sebelumnya

ICJ telah memerintahkan Israel untuk memastikan “akses tanpa hambatan” kepada penyelidik yang diamanatkan PBB untuk menyelidiki tuduhan genosida. Selain itu, pada 26 Januari, ICJ juga memerintahkan Israel melakukan segala cara mencegah tindakan genosida selama operasi militernya di Gaza. Baru-baru ini, pada 24 Mei, ICJ memerintahkan Israel untuk segera menghentikan serangan militer di Rafah dan tetap membuka perbatasan utama untuk masuknya bantuan kemanusiaan tanpa hambatan.

Keterlibatan Internasional

Beberapa negara Amerika Latin, termasuk Kolombia dan Meksiko, telah bergabung dalam gugatan yang diajukan Afrika Selatan ke ICJ. Namun, sampai saat ini belum ada negara Eropa yang mengambil langkah ini, sehingga menjadikan Spanyan sebagai negara Eropa pertama yang bergabung dalam gugatan ini. Hal ini menunjukkan posisi Spanyol sebagai salah satu negara Eropa yang paling kritis terhadap tindakan Israel di Jalur Gaza.