Selasa, Juni 25, 2024
Berita

Ekspansi Merek Otomotif China di Pasar Indonesia: Fokus pada Kendaraan Listrik

humasbatam.com – Merek-merek otomotif asal China terus memperluas penetrasi mereka di pasar Indonesia. Wuling telah memulai tren ini beberapa tahun yang lalu, dan kini diikuti oleh merek lain seperti Chery, Neta, BYD, dan yang terbaru, Zeekr. Mayoritas mereka berfokus pada segmen kendaraan listrik, yang menunjukkan komitmen mereka terhadap inovasi dan keberlanjutan.

Strategi Produksi:
Beberapa merek ini tidak hanya mengimpor kendaraan dalam bentuk Completely Built Up (CBU), tetapi juga telah memulai produksi lokal melalui skema Completely Knocked Down (CKD). PT Handal Motor Indonesia menjadi salah satu fasilitas utama untuk perakitan kendaraan merek China, dengan Chery dan Neta yang sudah diproduksi di pabrik Bekasi. Sementara itu, Jetour dijadwalkan untuk mulai dirakit di pabrik baru di Purwakarta.

Posisi Zeekr di Pasar Indonesia:
Zeekr, sebagai brand baru dalam arena otomotif Indonesia, telah menarik perhatian meskipun belum merencanakan produksi lokal. “Kami akan menilai peluang Zeekr di pasar ASEAN selama tiga bulan ke depan sebelum mengambil keputusan lebih lanjut,” kata JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, dalam sebuah peluncuran produk.

Pengenalan Model Baru:
Zeekr berencana untuk mengintroduksikan beberapa model dengan setir kanan tahun ini, termasuk Zeekr X, sebuah SUV urban kompak bertenaga listrik dengan penggerak AWD, dan Zeekr 009, sebuah MPV. Kedua model ini akan lebih dulu diimpor ke Indonesia.

Rencana Jangka Panjang:
Meskipun produksi lokal belum dijadwalkan dalam waktu dekat, Zeekr sudah memiliki rencana untuk itu. “Kami memiliki rencana untuk produksi lokal dalam master plan kami, namun saat ini kami fokus pada pengenalan produk dan eksplorasi kemungkinan perakitan lokal,” tambah Darwin.

Merek-merek otomotif China, termasuk Zeekr, terus berupaya memperkuat posisi mereka di pasar Indonesia dengan berfokus pada inovasi kendaraan listrik dan mengeksplorasi berbagai strategi produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal.