Selasa, Juni 25, 2024
Berita

Penyelidikan Berlangsung atas Vandalisme di Kuil Yasukuni, Tokyo

humasbatam.com – Kepolisian Metropolitan Tokyo sedang melakukan penyelidikan intensif atas kasus vandalisme yang terjadi di Kuil Yasukuni. Menurut laporan dari ABC News tanggal 9 Juni 2024, pintu kuil tersebut telah dicoret dengan kata “toilet”, sebuah tindakan yang dikaitkan dengan protes terhadap pembuangan air limbah radioaktif dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima.

Sebuah video yang telah menjadi viral menampilkan seorang individu asal China, yang mengidentifikasi dirinya sebagai Iron Head, mengkritik pembuangan air limbah nuklir ke laut. Dalam video berikutnya, dia terlihat melakukan aksi buang air kecil pada salah satu pilar kuil dan menggunakan cat semprot untuk menuliskan kata “toilet” pada dinding kuil tersebut.

Selain itu, ditemukan dua lembar kertas bertulisan dalam bahasa Mandarin dengan pesan “Orang-orang di dunia, bersatu” dan “Tapi bukan kalian”, yang diletakkan dekat patung singa penjaga di situs tersebut.

Pihak berwenang saat ini mencari dua individu yang terlibat dalam insiden ini, yaitu orang yang terekam dalam video serta individu yang merekam aksi tersebut. Media lokal melaporkan bahwa peristiwa ini terjadi pada malam hari setelah kuil ditutup, dan tersangka dipercaya telah meninggalkan Jepang, meskipun informasi ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh kepolisian.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis kepada Associated Press, administrasi Kuil Yasukuni menyatakan penyesalan mereka atas peristiwa tersebut, menyebutkan bahwa hal ini menurunkan martabat kuil. Mereka berencana meningkatkan patroli keamanan untuk memastikan bahwa pengunjung dapat memberikan penghormatan dalam suasana yang tenang dan terjaga. Kuil Yasukuni telah melaporkan pembalakan tersebut kepada pihak kepolisian dan penyelidikan sedang berlangsung.