Selasa, Juni 25, 2024
Berita

Era Baru Kecerdasan Buatan: Apple Luncurkan Fitur AI Inovatif di iOS 18 dengan Batasan Kompatibilitas Signifikan

humasbatam.com – Apple tengah mempersiapkan serangkaian fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang akan diluncurkan bersamaan dengan iOS 18. Namun, tampaknya tidak semua perangkat iPhone akan dapat menikmati inovasi tersebut, khususnya model-model yang lebih tua.

Seperti halnya Samsung dengan inisiatif Galaxy AI, Apple diharapkan akan menerapkan dua metode pemrosesan AI: pengolahan langsung di perangkat untuk tugas-tugas sederhana dan pengolahan melalui cloud untuk fungsi yang lebih kompleks.

Menurut laporan dari Mark Gurman di Bloomberg, Apple akan mengimplementasikan model bahasa besar (LLM) buatan sendiri untuk menjalankan tugas-tugas AI yang sederhana langsung di perangkat. Hal ini berarti bahwa pemrosesan model AI tersebut akan dilakukan oleh chipset di dalam iPhone, bukan melalui komputasi awan.

Dari laporan tersebut, diketahui bahwa fitur AI yang diproses langsung di perangkat memerlukan minimal chip A17 Pro. Dengan demikian, hanya pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang akan dapat memanfaatkan secara penuh fitur AI canggih yang ditawarkan oleh iOS 18.

Meskipun iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dirilis pada periode yang sama, kedua model tersebut, yang menggunakan chip A16, tampaknya tidak akan mendukung fitur AI yang lengkap seperti versi Pro. Chip A17 menawarkan peningkatan kecepatan CPU dan GPU, serta Neural Engine 16-core yang mampu memproses hingga 35 triliun operasi per detik. Selain itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB, menurut sumber dari 9to5Mac.

Mengingat chip A17 sebagai prasyarat minimum, berbagai model iPhone lama yang masih akan menerima pembaruan iOS 18—termasuk seri iPhone 14, iPhone 13, iPhone 12, iPhone 11, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE 2022, dan iPhone SE 2020—dapat diprediksi tidak akan mendukung beberapa fitur AI yang diproses langsung di perangkat oleh Apple.

Selain itu, Apple juga berencana memperkenalkan fitur AI serupa dalam pembaruan mendatang untuk iPadOS 18 dan macOS 15. Untuk mengakses fitur-fitur ini, iPad dan Mac memerlukan setidaknya chip M1 dan RAM minimal 8GB. Diperkirakan bahwa fitur-fitur AI ini akan tersedia untuk Mac Silicon yang dirilis pada tahun 2020 ke atas dan iPad Pro yang dirilis pada tahun 2021 ke atas.