Minggu, Mei 19, 2024
Berita

Kebijakan Google Terkait Penghapusan Akun Gmail yang Tidak Aktif: Penyesuaian Batas Waktu

humasbatam.com – Google mengambil langkah baru dalam mengelola akun Gmail yang tidak aktif, dengan mengumumkan akan menghapus akun yang tidak digunakan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. Kebijakan ini mengalami penyesuaian dari pengumuman sebelumnya yang menyatakan akun akan dihapus setelah tidak aktif selama dua tahun, menyoroti komitmen Google dalam memperkuat keamanan data pengguna dan mencegah kejahatan siber.

Pengalaman Jurnalis dan Kebijakan Google

Dave Winder, seorang jurnalis, melaporkan pengalaman pribadinya yang tidak selaras dengan kebijakan yang diumumkan Google sebelumnya. Menurut laporan di Mirror bulan Februari, akun Gmail miliknya yang tidak digunakan selama 8 bulan sudah mendapat ancaman penghapusan oleh Google. Google mengirimkan notifikasi yang menyatakan bahwa akun belum digunakan selama 8 bulan dan memberikan instruksi untuk login ke akun tersebut sebelum tanggal tertentu untuk menghindari penghapusan.

Jendela Waktu yang Diberikan Google

Dari notifikasi yang diterima Winder pada Januari 2024, terungkap bahwa ia diberi waktu sekitar 16 bulan untuk bertindak guna mencegah penghapusan akunnya—waktu yang lebih singkat dari periode dua tahun yang sebelumnya diumumkan oleh Google. Ini menandakan adanya perubahan dalam penerapan kebijakan Google terhadap akun yang tidak aktif.

Konsistensi Kebijakan Google

Laporan Mirror mencatat bahwa banyak pengguna lainnya mengalami situasi serupa dengan Winder, menunjukkan bahwa apa yang dialami oleh Winder bukan suatu insiden yang terisolasi atau kesalahan sistem, melainkan bagian dari pendekatan Google yang lebih luas.

Implikasi Kebijakan Google bagi Pengguna

Kebijakan ini menegaskan pentingnya pengguna untuk secara rutin memeriksa dan menggunakan akun Gmail mereka untuk menghindari risiko kehilangan akses. Google tampaknya mengambil langkah yang lebih proaktif dalam mengelola akun tidak aktif, yang dapat memiliki dampak signifikan bagi pengguna yang mungkin tidak menyadari perubahan kebijakan ini. Pengguna disarankan untuk memastikan bahwa mereka login ke akun mereka sebelum batas waktu yang ditentukan untuk menjaga akun tetap aktif.