Minggu, Mei 19, 2024
Berita

WhatsApp Memperkenalkan Fitur Filter Chat, Menambah Kemudahan dalam Mengelola Pesan

humasbatam.com – WhatsApp telah meresmikan peluncuran fitur Filter yang telah lama dinantikan oleh para penggunanya. Tujuan dari fitur baru ini adalah untuk mempermudah pengelolaan pesan yang bertumpuk di inbox pengguna, mengadopsi sebuah sistem yang serupa dengan filter yang ditemukan dalam layanan email.

Pengumuman dari CEO Meta

Mark Zuckerberg, CEO dari Meta, mengumumkan rilis fitur ini melalui postingan di channel pribadinya. Fitur ini hadir dengan tiga opsi filter yang dapat digunakan pengguna, yaitu ‘Semua’, ‘Belum Dibaca’, dan ‘Grup’. Dalam pengumumannya, Zuckerberg menekankan bahwa tujuan utama dari fitur ini adalah untuk mempermudah pengguna dalam menemukan pesan penting dengan lebih cepat.

Fungsi Filter pada WhatsApp

Filter ‘Semua’ akan diatur sebagai pilihan default dan akan menampilkan semua chat tanpa penyaringan. Filter ‘Belum Dibaca’ diharapkan akan membantu pengguna untuk lebih mudah melacak pesan yang belum sempat mereka baca. Meskipun WhatsApp sebelumnya sudah memungkinkan pengguna untuk mencari pesan yang belum dibaca melalui bilah pencarian, filter baru ini memberikan akses lebih langsung dan mudah dari tampilan utama chat.

Filter ‘Grup’, yang telah menjadi fitur yang sangat diminta oleh pengguna, dirancang untuk mengkonsolidasikan semua chat grup ke satu tempat, termasuk percakapan dalam subgroup yang merupakan bagian dari Communities.

Cara Mengakses Fitur Filter

Untuk menggunakan fitur Filter ini, pengguna cukup membuka aplikasi WhatsApp dan menarik ke bawah daftar chat untuk menampilkan pilihan filter. Dari sana, pengguna dapat memilih filter yang diinginkan untuk mengatur tampilan pesan mereka.

Ekspansi Fitur Filter di Masa Depan

Meskipun saat ini hanya tersedia tiga filter, informasi yang bocor dari WABetaInfo menunjukkan bahwa WhatsApp sedang mengembangkan lebih banyak filter, termasuk ‘Contact’ untuk menyaring pesan dari nomor yang tidak dikenal, ‘Favorites’ untuk menandai kontak yang sering dihubungi, dan filter custom lainnya.

Ketersediaan Fitur Filter

WhatsApp menginformasikan bahwa fitur Filter ini tersedia di aplikasi versi terbaru untuk kedua platform Android dan iOS. Fitur tersebut sedang dalam proses distribusi ke pengguna dan diharapkan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.