Selasa, Juni 25, 2024
Berita

Kemajuan Strategis Pasukan Rusia di Chasiv Yar, Sebuah Kota Kunci di Ukraina

humasbatam.com – Pasukan Rusia dilaporkan telah mencapai kemajuan signifikan di kota Chasiv Yar, area yang memiliki posisi strategis penting dalam konflik berkelanjutan di Ukraina. Informasi ini dirilis oleh media Ukraina, Ukrainska Pravda, yang mengutip sumber-sumber militer dan seorang blogger pada Minggu, 9 Juni 2024.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa selama minggu terakhir, terjadi lebih dari 1.500 insiden penembakan di kawasan pinggiran kota Chasiv Yar, yang terletak dari utara ke selatan. Dalam upaya untuk mengamankan wilayah ini, pasukan Rusia telah menggunakan bom udara berpemandu serta dukungan dari rudal jarak jauh dan pesawat nirawak. Hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan gerak maju dan memperkuat posisi mereka di sepanjang jalur utama kota.

Menurut laporan dari Divisi Pasukan Terjun Payung ke-98 Rusia melalui media sosial Telegram, terdapat upaya intensif dari pasukan Ukraina untuk mencegah mereka menyeberangi kanal dan menduduki distrik ‘Baru’ yang berada di sisi lain. Video yang dirilis oleh kedua belah pihak menunjukkan adegan pasukan yang bergerak melintasi pusat kota yang telah hancur, serta melakukan inspeksi bangunan yang masih berdiri.

Chasiv Yar terletak di dataran tinggi sekitar 20 kilometer (12 mil) barat kota Bakhmut, yang telah direbut oleh Rusia setahun yang lalu setelah pertempuran berbulan-bulan yang menghancurkan sebagian besar infrastruktur kota tersebut. Kota ini dianggap sebagai titik persiapan penting yang potensial bagi Rusia untuk melanjutkan pergerakan mereka ke kota-kota strategis lainnya seperti Kramatorsk dan Sloviansk.

Sejak kejatuhan kota Avdiivka ke tangan Rusia pada Februari lalu, pasukan Rusia telah membuat kemajuan bertahap di garis depan timur. Meskipun telah dilancarkan serangan lintas perbatasan ke beberapa bagian wilayah Kharkiv di timur laut, pihak Ukraina menyatakan bahwa mereka telah berhasil menghentikan kemajuan lebih lanjut dari pasukan Rusia.