Minggu, Mei 19, 2024
Berita

Apple Rilis iPad Pro Terbaru dengan Layar OLED Tandem dan Chipset M4

humasbatam.com – Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru yang dilengkapi dengan layar OLED tandem dan chipset M4 generasi kedua pada Selasa (7/5). Chipset M4 pada iPad Pro memperoleh fabrikasi 3nm, menawarkan peningkatan kinerja CPU 1,5x lebih cepat dibandingkan M2, serta meningkatkan kemampuan grafis hingga 4 kali lipat. Efisiensi baterai juga meningkat dua kali lipat karena M4 memberikan kinerja setara dengan M2 dengan setengah daya.

Selain itu, Apple memperkenalkan fitur-fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan untuk aplikasi seperti Final Cut Pro, yang dioperasikan oleh M4 dengan kemampuan hingga 38 triliun operasi per detik (TOPS). iPad Pro terbaru ini menjadi produk Apple yang paling tipis, bahkan lebih tipis dari iPod Nano generasi ketujuh, dengan model 11 inci berukuran 5.3 mm dan model 13 inci bahkan lebih tipis lagi, yakni 5.1 mm.

John Ternus, wakil presiden senior Apple untuk Rekayasa Perangkat Keras, menyebut iPad Pro baru sebagai terobosan dengan layar Ultra Retina XDR, performa M4 yang lebih tinggi, kemampuan AI yang luar biasa, dan dukungan untuk aksesori baru seperti Apple Pencil Pro dan Magic Keyboard. Layar OLED tandem pada iPad Pro menawarkan kecerahan hingga 1.000 nits untuk konten SDR dan hingga 1.600 nits untuk HDR, sementara fitur ProMotion dapat menyesuaikan frame rate antara 10Hz hingga 120Hz.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan versi Pro dari stylus-nya, Pencil Pro, yang memiliki sensor baru untuk mendeteksi tekanan. Stylus ini dapat terhubung ke jaringan Find My untuk pelacakan jika hilang. Magic Keyboard baru juga diperkenalkan, lebih tipis dan ringan sesuai dengan desain tablet Pro yang baru. Apple iPad Pro 2024 sudah dapat dipesan secara online di 29 negara mulai Selasa (7/5), dengan harga mulai dari US$999 atau sekitar Rp16 juta untuk varian 11 inci model Wi-Fi, dan US$1299 atau sekitar Rp20,8 juta untuk varian 13 inci model Wi-Fi. Penjualan di toko offline akan dimulai pada 15 Mei mendatang.