Minggu, Mei 19, 2024
Berita

Antisipasi Penurunan Konsumsi Rumah Tangga: Proyeksi Ekonomi Ritel di Kuartal II-2024

humasbatam.com – Pengusaha ritel modern mengindikasikan potensi penurunan konsumsi rumah tangga yang diprediksi terjadi pada kuartal II mendatang. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 sebesar 5,11% secara tahunan, suatu angka yang disambut positif oleh Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, sebagai tanda iklim kondusif bagi sektor ritel.

Roy menyoroti kontribusi yang signifikan dari konsumsi rumah tangga sebesar 4,91% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 54,93% selama kuartal I-2024. Namun, meskipun optimis dengan angka di atas 5%, ia memproyeksikan kemungkinan penurunan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2024 karena kecenderungan masyarakat untuk menahan belanja setelah masa Lebaran dan dalam persiapan tahun ajaran baru.

Proyeksi yang disampaikan oleh Roy mengindikasikan kemungkinan perlambatan konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2024 karena berbagai faktor, termasuk berakhirnya masa Pemilu, Lebaran, dan persiapan masuknya tahun ajaran baru. Dampaknya diperkirakan akan mengurangi pertumbuhan transaksi ritel menjadi sekitar 4% hingga 5% selama periode tersebut.