Upacara Sumpah Pemuda berlangsung Khidmat

BATAM – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-83 tingkat Kota Batam, Jum’at (28/10) di Lapangan Engku Puteri berlangsung khidmat. Bertindak selaku inspektur upacara, Walikota Batam, ahmad Dahlan.

Sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Batam dan para pejabat di lingkungan Pemko Batam hadir dalam upacara ini. Peserta upacara terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Peko Batam, siswa-siswi SMP dan SMA serta organisasi kepemudaan. Peringatan hari sumpah pemuda ke-83 tahun ini mengangkat tema “Bangun Pemuda Indonesia yang Berjiwa Wirausaha, Berdaya Saing dan Peduli Sesama”.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang membacakan sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olah raga, mengatakan tema peringatan hari sumpah pemuda tahun ini mengandung pesan bahwa langkah menuju Indonesia yang berdaya saing dan bermartabat, sangat bergantung pada karakter pemuda yang kokoh serta mengedepankan akhlak mulia di atas semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.  Tema ini merupakan bagian dari antisipasi tentang peran kaum muda untuk membawa bangsa ini semakin jaya di masa mendatang .

Menurutnya, pemuda Indonesia harus siap di segala bidang di setiap pelosok Indonesia untuk bisa bersaing tanpa kehilangan akar budayanya. Pemuda juga harus siap menjadi wirausaha, menciptakan lapangan kerja, memutar perekonomian Indonesia dan memajukannya, bukan saja hanya pada level nasional, tapi juga di tingkat internasional atau paling tidak pada level ASEAN.

Pemerintah menyiapkan ruang yang luas bagi pemuda Indonesia untuk berkreasi, berkreativitas, bersosialwirausaha, berekonomi kreatif agar digeluti oleh pemuda untuk ikut serta berpartisipasi. Peran dan partisipasi pemuda dalam pembangunan nasional merupakan hal yang nyata. Dengan berbagai potensi, bakat, kemampuan dan keterampilan sekaligus semangat dan idealisme yang kental, keterlibatan dan peran serta pemuda dalam pembangunan nasional senantiasa memberikan warna yang khas bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa.

Melalui Peringatan Hari Sumpah Pemuda diharapkan bangsa indonesia kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan para pemuda saat itu dari berbagai suku, agama, dan latar belakang kebudayaan yang sangat plural dari seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -