Wako menerima salah seorang siswa Batam berprestasi IMG_4284IMG_4300BATAM – Salah seorang pelajar Batam bernama Heri Darmanto lolos seleksi  mengikuti sekolah di Smart Ekselensia Indonesia yang merupakan sekolah unggul pertama berasrama dan bebas biaya. Tadinya pelajar lulusan SD Negeri 004 Sungai Beduk ini tidak akan dapat melanjutkan pendidikannya karena terbentur biaya.
Namun, berkat prestasinya dan setelah menemui Walikota Batam Drs H Ahmad Dahlan, Kamis (16/7) di ruang kerjanya, pelajar yang lulus Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dengan nilai 28,35 tersebut dipastikan bisa melanjutkan sekolah ke Smart Ekselensia Indonesia yang ada di Bogor. “Meskipun anak kami telah lulus seleksi di Smart Ekselensia Indonesia, tapi belum tentu anak kami dapat melanjutkan sekolah, karena tidak mempunyai biaya transportasi untuk melanjutkan pendidikan disana. Untungnya Pak Wali membantu biaya transportasi dan akomodasi, jadi anak saya tidak akan putus sekolah,” jelas Jhon Hendri, orang tua Heri Darmanto.
Untuk itulah, Jhon Hendri tidak henti-henti mengucapkan terima kasih kepada Walikota.  Karena sebagai orang tua yang hanya berprofesi sebagai tukang ojek, Ia tidak bisa mewujudkan impian anaknya.
Dijelaskan Jhon, terpilihnya anaknya sebagai salah seorang siswa di Smart Ekselensia Indonesia Bogor  merupakan prakarsa dari Dompet Dhuafa Republika. Sekitar bulan Februari lalu, salah seorang datang ke sekolah SD Negeri 004 Sungai Beduk untuk mencari anak berprestasi kurang mampu, dan Heri Darmanto mengikuti tes tertulis dan mental yang diadakan yayasan tersebut. Akhirnya, melalui Koran Republika diumumkanlah nama Heri Darmanto sebagai salah seorang siswa yang lulus  dengan nomor urut 14 dari 30 lulusan di seluruh Indonesia.Selama di Bogor tersebut, segala biaya sekolah termasuk kebutuhan sehari-hari akan ditanggung Dompet Dhuafa Republika. Anak yang belajar di sekolah tersebut mulai SMP dan SMA hanya lima tahun karena belajarnya siang dan malam.
Walikota Batam Drs H Ahmad Dahlan yang didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsul Bahrum serta Kabag Humas Pemko Batam  Yusfa Hendri, usai menerima kedatangan Heri Darmanto bersama orang tua mengatakan bahwa Pemko Batam akan terus membantu anak berprestasi kurang mampu. “Anak seperti ini perlu kita bantu. Jangan hanya gara-gara biaya transportasi tidak ada, anak tersebut tidak bisa melanjutkan sekolah,” tegasnya.Seperti di ketahui Smart Ekselensia adalah  sekolah tingkat menengah berasrama dan bebas biaya yang berada di bawah naungan Lembaga Pengembangan Dompet Dhuafa. Didirikan pada tahun 2004, sekolah ini telah memiliki siswa didik berjumlah 137 untuk 4 angkatan.Sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak dari kalangan dhuafa yang berprestasi dari seluruh Indonesia ini digagas untuk meningkatkan harkat dan derajat kaum dhuafa melalui program pendidikan dan pembinaan yang komprehensif dan berkesinambungan. Diharapkan, setelah melalui proses pendidikan dan pembinaan di SMART EI, setiap siswa memiliki bekal berkarya untuk bangsa, negara dan agamanya.Proses seleksi hingga kedatangan calon siswa, serta pendidikan selama berada di kampus SMART EI, tidak dipungut biaya apapun. (vt)