Satpol PP Cerminan Wibawa Pemerintah

HUT SATPOL PPBATAM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soeryo Respationo bertindak selaku Inspektur Upacara pada acara Peringatan HUT Satpol PP ke–63 dan HUT Sat Linmas ke–51, yang dipusatkan di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Kamis (25/4). Adapun Tema peringatan kali ini adalah ”Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Konsisten Menjaga Citra dan Wibawa Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah”.

Menteri Dalam Negeri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub Kepri menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan oleh segenap anggota Sat Pol PP dan Sat Linmas dan diminta untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang pada saatnya nanti dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Motto atau jargon Satpol PP adalah “Praja Wibawa” yang artinya Pemerintahan yang berwibawa harus dikembalikan kepada tujuan dasar atau khitahnya, yaitu bagaimana Satpol PP sesuai tugas pokok dan fungsinya dapat terus konsisten dalam menjaga citra dan wibawa Pemerintah Daerah dimana motto atau jargon ini tidak hanya menjadi sekedar kata-kata hiasan tanpa makna, tetapi harus terus ditanamkan di hati dan jiwa setiap anggota Satpol PP dan diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas operasional di lapangan. Selain itu dikatakan pula bahwa pada era otonomi daerah saat ini, melalui tugas pokok dan fungsinya Sat Linmas dituntut untuk lebih diakui keberadaannya melalui bentuk sikap totalitas menjalankan tugas dan fungsi bidang perlindungan masyarakat untuk mencapai hasil terbaik dalam upaya ikut serta menjaga citra dan wibawa pemerintah daerah.

” Dengan pelimpahan peran linmas, Satpol PP harus dapat menjaga citra dan wibawa pemerintah. Untuk itu, anggota satpol PP harus memahami, menghayati tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan,” jelasnya.

Peringatan HUT Satpol PP ke–63 yang diperingati setiap tanggal 3 Maret dan juga HUT Sat Linmas ke–51 yang diperingati setiap tanggal 19 April, untuk tahun ini digabung pelaksanaannya menjadi satu dan disejalankan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-17 Tingkat Provinsi Kepri tahun 2013 dengan mengangkat tema “Dengan Hari Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kapasitas Pemerintah Daerah Untuk Percepatan Kesejahteraan Masyarakat”.  Otonomi daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Tujuan demokrasi memposisikan pemerintahan daerah sebagai instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society. Tujuan kesejahteraan mengisyaratkan pemerintahan daerah untuk menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis.

Dalam rangkaian upacara tersebut juga ditampilkan atraksi bela diri Tarung Derajat dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten  Anambas  serta atraksi Pasukan Huru Hara ( PHH ) dan Senam Balok dari Kesatuan Polisi Pamong Praja Kota Batam.

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -