Wako Ajak Masyarakat Gotong Royong

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, tak henti-hentinya menggalakan ‘Gerakan Batam Bersih’. Hal ini untuk menyadarkan warga akan mencintai kebersihan di lingkungannya. Karena ini, merupakan suatu wujud kebersamaan untuk memotivasi warga agar selalu peduli terhadap kebersihan.

Pemko Batam akan segera menyambut Hari Jadi Batam ke-183 pada tahun 2012 dengan berbagai even yang memang digelar setiap tahun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini, Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengajak seluruh masyarakat untuk menggelar gotong royong membersihkan gorong-gorong di seluruh Batam, Sabtu (10/11) mendatang.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pendekatan Pemko Batam, PNS serta instansi vertikal di Batam. Menurutnya, gotong royong ini akan melibatkan seluruh PNS di
lingkungan Pemko Batam beserta guru dan anak sekolah, kepolisian, Yonif 134 dan penyapu jalan. “Seluruh gorong-gorong dan drainase di semua Kecamatan akan dibersihkan terutama di titik-titik rawan banjir,” katanya.

Dahlan mnyebutkan, kegiatan gotong royong ini dipusatkan di drainase/gorong-gorong di sembilan titik utama yakni di depan Dana Graha Nagoya, Simpang Jam Baloi, Tiban Lama, ex-Bengkong Seken,
Seiharapan, Taman Makam Pahlawan Aviari, Perumahan Dotamana, Seilekop Sagulung dan arah Seibeduk. “”Serta di 43 Kelurahan yang juga dianggap rawan banjir yang masing-masing di koordinir para Camat dan Lurah,” sebutnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan Batam dan yang terutama untuk melancarkan drainase yang akhirnya akan meminimalisir banjir. Pemko Batam meminta partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan Kota Batam. Setiap hujan tiba, banyak masyarakat yang mengeluh banjir. “Sekarang saatnya bekerja, jangan hanya mengeluh dan menyalahkan. Kebersihan lingkungan tanggung jawab bersama,” tegas Dahlan.

Dahlan mengaku sudah mengumpulkan para Camat dan Lurah terkait himbauan ini. Harapannya, semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai rasa cinta kebersihan.  “Jika lingkungan bersih, maka banyak manfaat yang didapat seperti menghindari terjadinya banjir, penyakit, dan lingkungan manjdi asri, kebersihan juga sangat dianjurkan dalam Islam karena merupakan sebagian dari iman,” seru Dahlan.

Mantan Humas Otorita Batam (OB) ini berharap dengan goro ini dapat menumbuhkembangkan semangat kebersamaan, kesetiakawanan sosial, kekompakan, silaturahmi, persaudaraan dan kemandirian masyarakat kota Batam. Kegiatan semacam ini diharapkan terus dilaksanakan masyarakat bersama para RT/RW dan Lurah untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka.

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -