Batam Lahirkan Hafidz Qur’an

BATAM – Sebagai kota industri, Batam ternyata juga mampu melahirkan para Hafidz Qur’an. Para Hafidz Qur’an ini menimba ilmu di Pondok Pesantren (Ponpes) Jamiatul Ulum Arrahman yang bernaung dibawah Yayasan Islam Ash Shodiqin.

Ponpes ini sudah berdiri 13 tahun serta telah mewisuda santrinya sebanyak sepuluh kali. Beberapa santri alumni pesantren ini bahkan ada yang melanjutkan pendidikan sampai ke Yaman dan Arab Saudi.

Hal tersebut dikatakan ketua Yayasan Pendidikan Islam Ash Shodiqin, Zulkarnain Makmur dalam acara wisuda para santri Hafidz dan Alim dan Khataman Al-Qur’an 30 Juz, MInggu (26/6) di Sekupang. “Para santri ini telah dibina oleh para Ustadz. Pembinaansetiap harinya dilakukan selama 24 jam penuh dengan kegiatan ibadah dan ilmu agama,” katanya.

Santri lulusan Ponpes tersebut, sebut Zulkarnain, diharuskan mengabdikan ilmunya selama satu tahun di Ponpes tersebut dan mengajarkan pada adik-adiknya. “Baru setelah itu boleh mengabdi pada masyarakat atau melanjutkan pendidikan di tempat lain,” jelasnya.

Hafidz, jelas Zulkarnain, merupakan penghafal Al-Quran adalah yang akan menjaga kesucian Al-Qur’an. “Apabila ada bacaan dalam Al-Qu’an yang berbeda, maka Hafidz ini akan mengetahuinya. Sehingga keaslian Al-Qur’an akan tetap terjaga,” imbuh Zulkarnain.

Wisuda para santri tersebut juga dihadiri Walikota Batam, Ahmad Dahlan. Menurutnya, kehadiran para santri ini sangat penting bagi pembangunan Batam sebagai kota industri yang beragama.”Pemko Batam mengharapkan, pembangunan fisik kota Batam sejalan dengan pembangunan rohani,” katanya.

Menurut Dahlan, dalam penididkan formal, waktu pelajaran agama sangat minim, hanya 90 menit setiap pekan. Dahlan khawatir, hal ini akan menurunkan degradasi moral masyarakat Batam sendiri. “Untuk itu, peranan orang tua dan keluarga sangat penting dalam pembangunan agama anak-anak,” kata Dahlan.

Aluminis Institut Agama Islam Nasional Yogyakarta ini mengatakan, Batam sebagai kota industri dan jasa tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA). Batam mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. “Pemko Batam menyambut baik peningkatan SDM berbasis agama,” imbuh Dahlan.

Acara ini juga dihadiri ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri, Tengku Azhari Abbas, ketua Forum Ukhuwah Islamiyah Batam (FUIB), Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam  Muslim Bidin dan lainnya.

(crew_humas/ev)

1 Response for “Batam Lahirkan Hafidz Qur’an”

  1. Zainur Rosyid, SQ, S,Pd,I says:

    ass… saya mau tanya, apakah ada lowongan kerja guru Tahfidz. saya lulusan PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QUR’AN (PTIQ) JAKARTA. kalau ada, harap hub di no 081333 491107. trim’s

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -