SMKN 1 Ditunjuk sebagai Tempat Perakitan LCD Proyektor Zyrex se Provinsi Kepri

BATAM-Dunia pendidikan Kota Batam kembali menorehkan prestasi yang membanggakan, dimana  SMKN 1 Batam ditunjuk sebagai tempat perakitan LCD Projektor  se Provinsi Kepri bekerjasama dengan perusahaan piranti teknologi informasi, Zyrex. Peresmian acara dilakukan pada kamis (10/3) siang di SMKN 1 Batam.

Dalam sambutannyaKepala Sekolah SMKN 1 Batam, Deden Suryana M.Pd, menjelaskan setelah tahun lalau SMKN 1 dpercaya untuk merakit Personal Computer (PC) dan laptop oleh perusahan piranti elektronik Advan, tahun ini SMKN 1 kembali dipercaya oleh Direktorat SMK bekerjasama dengan piranti elektronik Zyrek merakit LCD Projektor.

LCD proyector yang akan dirakit di SMKN 1 Batam berjumlah 182 unit yang dirakit oleh siswa dan guru. “Selanjutnya seluruh LCD Projektor ini akan diserahkan kepada 46 sekolah yang ada di Kepulauan Riau,” ungkap Deden. SMKN 1 juga telah melakukan kerjasama yang baik dan mendapatkan dukungan dari berbagai perusahaan industry, diantaranya PT. Scneider, PT. Mc Dermott, PT Unisem, Kimta Electric Singapore, dan Cycraft Technology Indonesia.

Selain prestasi membanggakan tersebut, SMKN 1 Batam juga telah menorehkan di tingkat Nasional dan Internasional. Di tahun 2010 lalu, siswa SMKN 1 memperoleh juara 1 lomba Mekatronika tingkat Nasional dan berhak mewakili Indonesia di ajang yang sam tingkat Asia. Yang lebih membanggakan, pada ajang World Skill Competiton di Bangkok, kedua siswa SMKN 1 Batam tersebut juga meraih juara pertama dan akan  mewakili Asia di ajang yang sama untuk tingkat dunia di London akhir tahun ini.

Sebagai sekolah kejuruan Negeri pertama di kota Batam yang berdiri lebih dari satu dekade, kini SMKN 1 Batam tampil terdepan di Provinsi Kepri dan telah ditetapkan sebagai satu dari 90 SMK Berbasis Internasional (SBI). SMKN 1 Batam memiliki berbagai keunggulan diantaranya selalu mengutamakan teknologi, multimedia dan menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. SMK ini kini tengah menampung lebih kurang 1.100 siswa dan di tahun 2011 ini siap menampung 1.500 orang siswa siswi. Terdapat 37 ruang belajar dan 92 orang guru yang siap mencetak generasi muda Batam yang memiliki keahlian yang patut dibanggakan.

SMKN 1 Batam, kini terdiri dari enam jurusan, yakni jurusan elektronika industri, jurusan listrik industri, jurusan permesinan, jurusan informasi, jurusan mekatronika yang merupakan gabungan antara ilmu elektronika, ilmu permesinan dan juga ilmu informasi, serta yang terakhir jurusan welding yang belum lama ini dibuka.

Staf Ahli Pemko Batam bidang Ekonomi, Pembangunan dan Investasi, Makmur M.Pd,  yang hadir mewakili  Walikota Batam  saat meresmikan acara ini menyampaikan rasa bangga yang luar biasa atas prestasi yang telah dicapai oleh SMKN 1 Batam. Makmur mengatakan sejalan dengan prestasi ini, ada tiga hal yang perlu diemban oleh SMKN 1 Batam, pertama harus bisa menjalin kerjasama yang baik dan berkepanjangan dengan berbagai perusahaan dan industri yang ada. Kedua harus bisa menjaga aset yang ada dengan baik, serta yang ketiga harus bisa memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Atas nama Pemerintah Kota Batam juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada industri dan perusahaan yang telah bersedia mendukung dunia pendidikan di Kota Batam, semoga apa yang dilakukan oleh SMKN 1 Batam dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya,” tambah Makmur.

Setelah persemian acara, asecara simbolis dibagikan lima unit LCD Projektor yang telah selesai dirakit kepada perwakilan Kepala Sekolah SMK Tanjung Balai Karimun, SMK Lingga, SMK Natuna, dan Tanjung Pinang.  Seluruh tamu yang hadir juga diajak menyaksikan simulasi perakitan LCD projector yang dilakukan oleh empat orang siswa SMKN 1 Batam.

Diakhir acara dilaksanakn penijauan stand pameran dari berbagai jurusan yang ada di SMKN 1 Batam. Diantaranya terdapat PLC Trainer, Digital Trainer Base Station, Microcontroller Trainer, Trainer Instalasi Listrik yang pemanfaatannya antara lain dapat digunakan untuk instalasi penerangan, pendeteksi system, pendeteksi gempa, pendestilasi air, serta sistem secure parking.

Acara peresmian SMKN 1 batam sebagai tempat perakitan LCD Projektor siang itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin, Ketua Komite Sekolah SMKN 1 Batam  Darlispon M.Pd, Camat Batuaji,  Kapolsek Batu Aji, serta perwakilan dari perusahaan dan Industry yang menjadi rekanan SMKN 1 Batam. (humascrew_bb)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -