Tingkatkan Kualitas Perempuan BP2KB & GOW Kota Batam Gelar Lomba Pidato dan Paduan Suara

BATAM- “Dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas perempuan di Era Globalisasi menuju Batam berakhlak mulia”, demikian tema yang diangkat Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB (BP2KB) bekerjasama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dalam rangka peringatan Hari Kartini yang bersempena dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5) di BCS Mall. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan berkesempatan menghadiri sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya Mariana mengatakan acara tersebut merupakan wujud kepedulian perempuan dalam upaya meningkatkan kualitas wanita. Tidak lupa Mariana mengajak seluruh masyarakat bersatu padu agar perempuan maju  dan  memiliki  posisi  tawar  yang   tinggi   baik   dalam   keluarga   maupun   dalam Kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diilhami dari kehidupan Kartini, yang memposisikan perempuan setara dengan pria dan bukan untuk menyaingi pria, Mariana mengajak seluruh yang hadir untuk menjadikan motivasi kehidupan Kartini dalam meningkatkan kehidupan. Karena perempuan memiliki andil besar dalam pembangunan bangsa dan negara, sebagai pencetak para generasi yang berakhlak mulia. “Momentum peringatan ini hendaknya dijadikan semangat dalam berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas perempuan menjadi lebih baik Dan perbaikan kualitas tersebut tidak hanya melalui pendidikan formal dapat pula melalui pendidikan informal berbasis seni, seperti hari ini melalui lomba paduan suara dan pidato”, tambah Mariana.

Tuti Bastono selaku ketua pelaksana, dalam laporannya mengatakan ada tiga rangkaian acara yang mengiringi peringatan tersebut, diantaranya bakti sosial atau anjang sana berupa penyerahan santunan kepada lansia di Kecamatan Nongsa, Batuampar, Sekupang dan Sagulung pada tanggal 12 Mei yang lalu. Untuk Kecamatan Belakang Padang akan diberikan secara simbolis pada hari ini. Kedua, KB gratis di Bukit Senyum dan Sungai Pancur serta kegiatan yang terakhir adalah lomba paduan suara dan pidato. Sebanyak 25 peserta mengikuti Lomba Pidato dan Lomba Paduan Suara diikuti 27 peserta dari seluruh organisasi wanita se-Kota Batam. Diantaranya Dharma Wanita Persatuan Kota Batam, PKK Kota Batam, Himpaudi (Himpunan Pendidik Anak Usia Dini), Bundo Kandung,  BKPI Bengkong, Wanita Katholik Republik Indonesia, Wanita Hindu Dharma Indonesia, Ikatan Wanita Bank, Muslimat NU, PISWA, KPPI, PGRI  dan lain-lain.

Juri perlombaan terdiri dari 3 orang yang berasal dari perwakilan Dinas Pariwisata Kota Batam, salah satu sekolah musik di Batam dan perwakilan dari organisasi wanita. Tuti menambahkan seluruh rangkaian kegiatan tersebut bertujuan menjadikan satu wadah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, sebagai ajang silaturohmi antar organisasi dan sebagai sasaran kegiatan gabungan organisasi wanita Kota Batam. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Batam Nurmadiah dalam sambutannya mengajak perempuan untuk senantiasa meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan untuk membangun bangsa. Karena dengan kebangkitan perempuan Indonesia , negara akan maju.

Paduan suara Wanita Katholik Republik Indonesia (WKRI) tampil sebagai juara I dalam lomba tersebut, sedangkan juara II dan III dari Paduan Suara PKK Kota Batam dan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia ). Sedangkan Harapan I, II dan III dimenangkan oleh paduan suara BKPI Bengkong, Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan serta Dharma Wanita Persatuan Kota Batam. Untuk Lomba Pidato masing-masing dimenangkan oleh utusan Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kota Batam sebagai juara I dan PKK Kota Batam sebagai juara II dan III. Adapun Harapan I, II dan III pemenangnya adalah utusan BKMT Kota Batam, Muslimat NU Kecamatan Belakang Padang, dan KPPG Kota Batam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Arifin Nasir, Ketua Dharma Wanita Kota Batam Roza Maria Azro Agussahiman, Anggota DPRD Kota Batam Komisi IV Rosmini, Anggota Komisi III DPRD Kota Batam Ganda Tiurmarice Simorangkir, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam yang diwakili M. Zen, Ketua IWAPI Kota Batam Wati, Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Kota Batam, dan tokoh perempuan Kota Batam.

(humas_crew/nn)

foto lainnya**


Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -