Posyandu Bulang Menangkan Lomba Berbalas Pantun PHBS

BATAM – Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Batam menggelar lomba berbalas pantun dengan materi ”Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga” 12 Mei 2010, sekaligus menggelar penyelenggaraan bazar sajian makanan bergizi seimbang. Kegiatan yang digelar di Aula lantai IV Kantor Walikota Batam ini dimaksudkan untuk turut melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai tradisi dan seni budaya Melayu sebagai payung negeri sekaligus memasyarakatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat agar menjadi kebiasaan sehari-hari sehingga dapat terwujud keluarga Indonesia yang sehat.
Ketua Pokja IV PKK Kota Batam, Rosmiati Guntur selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba berbalas pantun dengan materi PHBS ini merupakan sasaran antara saja, yang mana tujuan utamanya adalah promosi kesehatan yang dilakukan melalui pantun, sebagai masyarakat yang menjunjung budaya melayu diharapkan dengan adanya kegiatan lomba berbalas pantun maka pesan yang disampaikan dapat sampai ke sasaran dengan baik, sehingga dapat diaplikasikan pada kebiasaan hidup sehari-hari, dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan kemudian ikut aktif menggerakkan masyarakat sekitar  kita untuk bersama-sama berprilaku hidup bersih dan sehat, ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, dr. Ahmad Budi Arto, MM dalam sambutannya mengingatkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat ada pada lima tatanan kehidupan, yaitu, di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, institusi kesehatan dan tempat-tempat umum. ” Tetapi yang perlu ditekankan adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga, karena rumah tangga adalah wahana atau tempat tinggal bagi keluarga. Sebagai kelompok terkecil di masyarakat, diharapkan dengan meningkatkan PHBS di rumah tangga maka dapat terwujud rumah tangga yang sehat, jika jumlah rumah tangga sehat meningkat maka akan terwujud desa sehat, kemudian Kecamatan sehat, Kabupaten sehat, Provinsi sehat dan pada akhirnya terwujud Indonesia yang sehat.” harapnya dihadapan sekitar ratusan kader Posyandu dan PKK Se Batam.

Masih menurut Kadinkes yang baru dilantik pada beberapa bulan yang lalu tersebut, dari data yang diperoleh melalui riset kesehatan yang dilakukankan pada tahun 2007, diketahui bahwa rumah tangga yang telah menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat di Provinsi Kepulauan Riau masih 29,8 %. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak rumah tangga di Provinsi Kepulauan Riau yang belum menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Dan kader Posyandu serta PKK sebagai mitra dari petugas kesehatan ikut berperan penting dalam mensosialisasikan PHBS kepada masyarakat.

Ketua Tim Pengerak PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan, yang berkesempatan membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya paduserasi budaya masyarakat Batam dengan program Pencapaian Indonesia Sehat 2010. “Berbalas pantun merupakan budaya masyarakat Batam yang dapat dijadikan sebagai wahana pencapaian Batam Sehat, ungkapnya seraya menutup sambutannya dengan sebuah pantun.

Dewan juri yang menilai penampilan para peserta lomba pantun terdiri dari, Ali Ahmad dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Huzna dari Tim Penggerak PKK Kota Batam dan Yuli Zahara dari Dinas Kesehatan Kota Batam. Lomba diikuti oleh kader Posyandu dan kader PKK dari Kecamatan se-Kota Batam.

Keluar sebagai Juara Harapan III kader Posyandu kecamatan Batam Kota, Juara Harapan II Tim Penggerak PKK Kecamatan Batu Aji, dan Juara Harapan I dimenangkan oleh Kader posyandu Kecamatan Galang. Sedangkan Juara III diraih oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Batam Kota, Juara II oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Bengkong dan Juara I diraih oleh Kader Posyandu Kecamatan Bulang. Sedangkan pada bazar sajian makanan berimbang juara favorit diraih oleh Kecamatan Batu Aji.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, serta pejabat dilingkungan Pemko Batam, Camat serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kota Batam.

(*humas_crew/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -