Astaka MTQ, Lima Qubah dan Empat Menara

BATAM – Persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) III Tingkat Provinsi Kepri sudah rampung 90 persen. Demikian juga untuk Astaka yang merupakan panggung utama dalam acara MTQ III Tingkat Provinsi Kepri. Bangunan astaka terdiri dari 5 Qubah dan 4 Menara. Artinya, 5 Qubah mencerminkan Rukun Islam dan 4 Menara menandakan empat Khalifah. Jumlah keseluruhannya sembilan yang berarti angka tertinggi dalam Islam. Konsep Astaka yakni Melayu Islami, kaligrafi menggunakan tulisan arab dan warna Astaka menggambarkan Melayu.

Sementara untuk soudn berkekuatan 60 ribu watt dan lighting 70 ribu watt. Wakil Ketua I Bidang Acara dan Pawai, Buralimar mengatakan bahwa untuk Astaka sudah rampung dan sudah siap untuk digunakan. Pembukaan MTQ akan dilakukan oleh Menteri Agama, Suryadarma Ali. Pembukaan akan ditandai dengan diluncurkannya payro tecknik (kembang api) oleh Menteri Agama bersama dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Kepala Daerah se Kabupaten/Kota serta disaksikan oleh Unsur Muspida Tingkat Provinsi Kepri dan Kota Batam.

Acara lain yang akan ditampilkan pada malam pembukaan yakni tarian kolosal yang dibawakan oleh 300 pelajar SMP di Kota Batam. Pembacaan puisi dan hiburan musik kolaborasi Melayu dan Islami. Kafilah Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri hingga Kamis (22/4) telah tiba di Batam dan setiap kafilah yang datang disambut dengan upacara penyambutan oleh tuan rumah. Hingga kemarin, kafilah yang telah tiba di Batam yakni Kafilah asal Kabupaten Anambas, Kafilah dari Kabupaten Karimun, Kafilah dari Kabupaten Lingga, Kafilah dari Kota Batam dan Kafilah dari Kabupaten Natuna. Menyusul hari ini, Jumat (23/4) kafilah dari Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan yang akan tiba di Batam.
“Malam ini akan digelar gladi kotor pada malam ini (Kamis malam) dan gladi bersih pada Jumat malam esok,” ungkap Buralimar.

Setelah seluruh kafilah se Kabupaten/Kota tiba di Batam, pada Jumat malamnya akan digelar malam Ta’aruf di Hotel Pacific Palace. Malam Ta’ruf merupakan wadah untuk bersilahturahmi antar sesama kafilah se Provinsi Kepri. Pada Malam Ta’ruf itu akan hadir seluruh Wali Kota dan Bupati se Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Dilanjutkan pada Sabtu (24/4) pagi dengan acara pawai Ta’ruf yang mengambil star dari depan Van Holand, Nagoya. Pawai Ta’ruf dibagi menjadi dua kategori, pawai orang dan pawai kendaraan hias. Pawai ini menurut Buralimar juga diikuti oleh seluruh kafilah dari Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri.
“Untuk pelaksanaan pawai ta’ruf, Pemko telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan, Poltbaes Barelang dan camat se Kota Batam. Pawai akan diramaikan dengan penampilan ikatan jeep, anggota Paskibraka dan Marching Band.
(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -