Kursus Mahir Dasar Pramuka Saka Bhayangkara Polda Kepri Dimulai

BATAM- Polda Kepri menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar Pramuka Saka Bhayangkara Polda Kepri Tahun 2010, Rabu (10/3). Kursus tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri, Brigjen Pudji Hartanto. Ketua Pelaksana Riki Wakano, mengatakan kursus mahir ini akan dilaksanakan selama lima hari. Pada tiga hari pertama akan diisi dengan pemaparan teori dan dua hari berikutnya adalah sesi praktek yang akan dilaksanakan dengan kegiatan perkemahan di Pantai Sekilak, Nongsa. Acara pembukaan Kursus Mahir Dasar Pramuka Saka Bhayangkara Polda Kepri Tahun 2010 ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri H M Sani selaku Ketua Kwarda Kepri dan juga Wakil Ketua DPRD Propinsi Kepri Soerya Respationo serta Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika selaku ketua Kwarcab Batam. Dalam kesempatan itu Kapolda menyerahkan Pataka dan penyematan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta.

Dalam sambutan tersebut Kapolda menyampaikan bahwa Pramuka sebagai organisasi non formal merupakan wadah pembinaan kawula muda untuk mengasah keterampilan dan minat. Sehingga nantinya mereka dapat berpartisipasi, produktif, dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan bangsanya. Disampaikan pula program kursus mahir ini merupakan program yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini menjadi pilot project bagi pengembangan keterampilan dan kemahiran Pramuka.

Melalui kursus ini akan dipaparkan mengenai skill atau kecakapan untuk kegiatan keamanan dan ketertiban di masyarakat, lalu lintas. Serta pencegahan dan penanggulangan kecelakaan, dan juga penanggulangan tempat kejadian perkara. Sehinggga nantinya dapat diaplikasikan kepada masyarakat. Kapolda berharap, meskipun kursus ini merupakan kursus yang singkat, namun jika diikuti dengan seksama, serius, dan sungguh-sungguh, maka hasil maksimal akan didapatkan.

Kapolda juga menegaskan beberapa hal diantaranya untuk menjaga nama baik Pramuka Saka Bhayangkara, menumbuhkembangkan kecakapan, menyebarluaskan pengetahuan dan kecakapan kepada seluruh anggota pramuka lainnya. Disamping itu juga menumbuhkan sikap proaktif dan berpikiran ke depan, dan membangun kembali Saka Bhayangkara yang mendukung perpolisian masyarakat dan nantinya muncul menjadi figur-figur yang menonjol dimasyarakat.

Sementara itu dalam pembekalan yang disampaikan oleh H M Sani selaku Ketua Kwarda Kepri bahwa kita patut berbangga hati dengan kegiatan yang dilaksanakan ini. Tentunya karena pramuka merupakan  organisasi yang paling tertata rapi dilihat dari sisi organisatorisnya. Sani mengungkapkan, pemahaman ilmu Saka Bhayangkara membuat pramuka tampil berbeda dari organisasi kepemudaan lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta nantinya dapat memiliki watak dan kepribadian serta budi pekerti yang baik. Selanjutnya peserta memiliki skill life, sehingga bisa diaplikasikan ke masyarakat.

Dalam pembekalan ini kembali pula dijabarkan makna mendasar dari Trisatya Dharma dan Dasa Dharma Pramuka kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir, untuk mengingatkan kembali pentingnya pemahaman dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari demi menciptakan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat dan mewujudkan keberhasilan pembangunan.

(crew_humas/bb)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -