Wako Batam : Minat Warga Batam Ikut CPNS Tingggi

walikota Pembukaan Amplop Soal Ujian Tertulis CPNS Kota Batam di Spot Hall Temenggung Abdul Jamal Batam-1Walikota Pembukaan Amplop Soal Ujian Tertulis CPNS Kota Batam di Spot Hall Temenggung Abdul Jamal BatamBATAM – Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama dengan Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi secara resmi membuka pelaksanaan tes tertulis CPNSD Pemko Batam, Rabu (25/11). Dimulainya ujian tertulis pagi itu ditandai dengan dibukanya sampul soal oleh Dahlan dan Surya. Hari itu pelaksanaan CPNSD Pemko Batam dipusatkan di tiga titik, Stadion Temenggung Abdul Jamal, Muka Kuning merupakan tempat tes untuk tenaga guru, Sport Hall Temenggung Abdul Jamal diperuntukkan bagi tenaga teknis dan gedung Politeknik Batam Centre merupakan lokasi tes bagi tenaga kesehatan.
Dahlan mengungkapkan setiap tahunnya minat masyarakat Batam untuk mengikuti tes seleksi penerimaan CPNSD di lingkungan Pemko Batam cukup tinggi. Terbukti dengan meningkatkan jumlah pelamar yang mengirimkan berkasnya setiap tahun, meskipun Pemko Batam telah membatasi KTP yang berlaku adalah KTP Kepri. Kepada peserta CPNSD yang mengikuti tes tertulis pagi itu, Dahlan mengucapkan selamat menempuh ujian dan dapat menjawab soal-soal yang diberikan. Kepada panitia, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Dahlan mengucapkan terimakasih karena telah bekerja dari awal proses penerimaan CPNSD hingga terselenggaranya ujian tertulis.

”Meskipun formasi yang tersedia hanya 392, namun minat masyarakat Batam tinggi untuk mengikuti tes CPNSD. Semoga seluruh peserta dapat menjawab soal ujian yang diberikan,” katanya mengakhiri.

Usai membuk ssampul soal, Dahlan bersama dengan Surya berkeliling untuk melihat lebih dekat persiapan peserta tes dalam menghadapi ujian tertulis. Dahlan juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan beberapa orang peserta tes tertulis CPNSD di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal. Dalam laporannya, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Husnul Hafil mengatakan, dari 9.344 berkas yang masuk dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 14 November 2009, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 6.300 berkas. Sebanyak 3.044 berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

”Formasi yang diberikan oleh Menpan untuk penerimaan CPNSD di lingkungan Pemko Batam tahun 2009 berjumlah 392,” katanya dihadapan Walikota.

Untuk formasi guru yang dibutuhkan sebanyak 208 orang. Yang mendaftar ulang sebanyak 1.449 orang dan yang tidak daftar ulang berjumlah 394 orang. Untuk tenaga kesehatan, formasi yang tersedia untuk 102 orang dan yang mendaftar sebanyak 1.079 orang. Dari 1.079 orang yang mendaftar, yang mengikuti daftar ulang sebanyak 790 orang dan yang tidak mendaftar ulang berjumlah 289 orang. Terakhir untuk tenaga teknis, formasi yang tersedia 82 dari yang mendaftar sebanyak 3.327 orang. Dari 3.327 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, yang daftar ulang berjumlah 2.583 orang dan yang tidak mengikuti daftar ulang sebanyak 744 orang. Pada saat pelaksanaan tes tertulis memang ada peserta yang tidak hadir terlihat dari kosongnya bangku peserta tes tertulis.

Ujian tes tulis CPNS tahun ini banyak diikuti dari formasi teknis dengan jumlah peserta yang lolos administrasi sebanyak 3.327 orang (gagal 790), formasi guru sebanyak 1.843 orang (gagal 394), dan kesehatan sebanyak 1.097 orang (gagal 289).  Sementara total berkas yang lulus tes administrasi sebanyak 6.300 orang (gagal 3.044). “Ada 52 yang sebelumnya tidak lulus administrasi, tapi setelah diperiksa akhirnya bisa ikut ujian,” ujar Husnul Hafil selaku Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Batam sebelum tes tertulis.
Ujian tertulis ini di buka oleh Wali Kota Ahmad Dahlan dan Ketua DPRD Surya Sardi. Bahkan Dahlan memastikan bahwa soal masih dalam terbungkus rapat.

Setelah dibuka secara resmi, soal langsung dibagikan ke peserta. “Soal ini masih perawan, kertasnya kecil tapi jawabannya banyak. Kerjakan soal dengan baik sesuai dengan ketentuan. Ingat jangan nyontek, ada pengawas dan intel yang mengawasi,” ingat Dahlan.
Keringat menetes di wajah dan sekujur tubuh ratusan calon guru saat mengikuti ujian tes tertulis calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemko Batam di Stadion Temenggung Abduljamal, Muka Kuning, Rabu (25/11) sekitar pukul 09.00 WIB. Selain mengerjakan soal, peserta harus berjibaku menahan panasnya matahari.

(*humas_crew/dv)

3 Responses for “Wako Batam : Minat Warga Batam Ikut CPNS Tingggi”

  1. Hana says:

    Setengah pelamar masuk TMS? Waw tinggi banget.

  2. haryati says:

    untuk cpns di batam tahun ni pendaftarannya dibuka kapan ya?

  3. Haerul latif says:

    Tgl brp cpnsd kota batam dibuka’a?
    Trus ada ga formasi buat DIII kesling.
    Mohon imformasi yg lebih jelas’a.
    Makasih

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -