Peran Strategis Humas Pemerintah Dalam Keterbukaan Informasi Publik

Kasubag Doku dgn Kadiv Humas Polri IMG_4384 NewSuasana Pertemuan Nasional BAKOHUMAS IMG_4406YOGYAKARTA – Pertemuan Tahunan Bakohumas Tingkat Nasional Tahun 2009 yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan pada 3 Regional Semiloka Bakohumas wilayah Indonesia Barat, Tengah dan Timur telah dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Oktober 2009 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

Kegiatan yang dihadiri ratusan pejabat Humas Pemerintah, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta BUMN/BUMD tersebut mengambil tema Peran Humas Pemerintah Dalam Menyongsong Implementasi UU tentang Keterbukaan Informasi Publik Pada Tahun 2010. Respon positif dan antusias dari peserta yang mencapai 600-an orang tersebut terlihat saat sesi tanya jawab yang hampir merata setelah beberpa nara sumber menyampaikan makalahnya.

Menteri Komunikasi Dan Informasi RI, yang diwakili Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Suprawoto menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, secara tidak langsung membuat hampir tidak ada lagi sekat geografis, batas wilayah yang tidak lagi bersifat absolut, dan tidak ada lagi ruang dan waktu yang membatasinya. Hal ini menjadikan peran kehumasan sebagai pusat informasi menjadi sangat penting dan strategis untuk dapat menginformasikan berbagai visi, misi, kebijakan strategis, program unggulan, bahkan kegiatan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional.

Sementara, Kapuspen Depdagri, Saut Situmorang yang mewakili Mendagri menyampaikan bahwa penyampaian informasi harus dengan citra dan itikad yang baik, serta saling menghargai dan toleransi. Tugas komprehensif unit kehumasan pemerintah adalah menginformasikan, menjelaskan, memberikan saran, membujuk atau mempengaruhi, mengajak dan meyakinkan, memberikan pendidikan dan mengemas informasi dengan menggunakan prinsip-prinsip good governance kepada publik. Untuk itulah perlunya transformasi kehumasan, baik dari sisi kelembagaannya, maupun dari sisi sumber daya manusianya melalui revitalisasi peran kehumasan yang ada, ungkapnya.

Untuk itu Mendagri secara tidak langsung juga memberikan sinyal perubahan signifikan dalam peran kehumasan mulai dari tingkat Pusat sampai ke daerah seperti revitalisasi peran kehumasan sampai penyediaan SDM yang memadai, ungkapnya lagi dengan tegas.

Pada kesempatan tanya jawab juga muncul pertanyaan dan harapan dari para peserta untuk mempertegas sambutan Mendagri tersebut dalam surat edaran yang direspons sangat positif oleh Kapuspen Depdagri dengan meyakinkan para pejabat Humas untuk memberikan print out sambutan Mendagri tersebut kepada seluruh Gubernur, Bupati/Walikota diseluruh Indoensia sehingga menjadi acuan dalam perwujudan revitalisasi kehumasan dimaksud.

Selain arahan yang disampaikan oleh yang mewakili Menteri Kominfo, Menteri Dalam Negeri dan Menpan, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan kegiatan yang merupakan AMH yang ke-4.

Pertemuan Nasional tersebut juga disejalankan dengan lomba Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2009 sebagai bentuk apresiasi bagi insan-insan Humas pemerintah yang telah berupaya membuat produk media-media kehumasan yang kreatif, inovatif, tepat sasaran, efisien dan efektif. Adapun kategori lomba meliputi penerbitan media internal, profil cetak dan Audio visual, laporan tahunan, merchandise, dan website.

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, peserta lomba AMH tahun 2009 jumlahnya meningkat tajam, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesadaran petugas Humas pemerintah akan pentingnya membuat produk media kehumasan sebagai media strategis dalam membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat.

Sebagai akhir kegiatan pertemuan tahunan Bakohumas tahun 2009 di Yoyakarta, telah disepakati bersama oleh seluruh peserta bahwa untuk program kegiatan Regional Bakohumas tahun 2010 untuk wilayah Barat akan diselenggarakan di Provinsi Riau tepatnya di Kota Pekanbaru, Wilayah Tengah di Provinsi Kalimantan Timur, Wilayah Timur di Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kota Manado, dan untuk Pertemuan Tahunan Bakohumas Tingkat Nasional Tahun 2010 di Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Mataram.

(*humas_crew/ttn)

1 Response for “Peran Strategis Humas Pemerintah Dalam Keterbukaan Informasi Publik”

  1. syahrial says:

    ass……….
    saya staff humas pada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Aceh.
    dengan ini mengharapkan agar dapat memberikan undangan kepada pihak kami untuk dapat berpartisipasi dalam kegaiatan tersebut.

    terima kasih

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -