Lomba Sampan Kolek di Sagulung, Pesta Anak Pulau di Sembulang Yang Dimeriahkan Lomba Joget

BATAM – Lomba Kolek Race yang diselenggarakan Kecamatan Sagulung setiap tahunnya, Kamis (20/8) kembali digelar. Lomba yang digelar di bawah Jembatan Barelang itu dibuka langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Pembukaan lomba kolek race ditandai dengan  tembakan Pistol ke udara oleh Walikota. Dari tahun ke tahun jumlah peserta yang ikut hadir dalam lomba kolek race ini terus bertambah. Kegiatan kolek race ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 64 di Kota Batam.
Laporan yang disampaikan panitia, lomba kolek ini dibagi menjadi empat kategori. Kategori sembilan orang, tujuh orang, lima orang dan tiga orang. Untuk ketgori sembilan orang peserta terdiri dari sembilan tim, kategori tujuh orang empat tim, kategori lima orang diikuti oleh lima tim dan kategori tiga orang diikuti sepuluh tim. Membuat suasana semakin meriah digelar lomba joget. Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Asisten Ekbang, Syamsul Bahrum dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Rudi Sakyakirti berbaur dengan masyarakat berjoget bersama.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, kolek race ini bisa dijadikan ajang untuk mengenalkan olah raga dayung yang ada di Batam kepada Wisman. Walikota memuji acara yang diselenggarakan oleh Kecamatan Sagulung dan menurutnya kolek race ini harus diselenggarakan setiap tahun. Ia memaklumi jika lomba ini diselenggarakan pada hari kerja, karena akan memasuki bulan puasa. Namun demikian Walikota berpesan jangan sampai pelayanan di kantor kecamatan terhenti dengan adanya kegiatan ini.

“Pelayanan di kantor kecamatan harus jalan terus. Acara seperti ini harus selalu digelar karena ini merupakan budaya. Sampan layer yang di Belakang Padang sudah berjalan selama 56 tahun. Pertahankan ini menjadi tradisi,” ujar Dahlan kemarin.

Selain lomba kolek race, kemarin juga ada atraksi Kayak. Camat Sagulung, Zulkifli mengatakan tahun ini Kayak belum dilombakan. Peserta menurutnya ada yang berasal dari daerah Moro. Pemenang lomba untuk masing-masing kategori mulai dari juara satu, dua dan tiga. Sementara untuk pemenang lomba joget panitia menyediakan hadiah utama Televisi 14 inci. Kolek yang telah dilepas harus berputar dua setengah putaran sebelum memasuki finish. Mana yang berhasil memasuki garis finish setelah dua setengah kali putaran tim itu lah yang keluar sebagai juara.

Usai menghadiri lomba kolek race di Jembatan Satu, Dahlan melanjutkan membuka acara Pesta Anak Pulau di Kecamatan Galang. Warga yang hadir menyaksikan lomba sampan layer memadati tenda yang berada di tepi pantai. Kegiatan perlombaan 17 Agustusan di Kecamatan Galang telah diselenggarakan sejak tanggal 17 Juli hingga 20 Agustus. Diawali dengan turnamen sepak bola, bola voly, sampan layer kategori tiga dan dua orang serta lomba karaoke. Untuk lomba sepak bola diikuti oleh 64 tim dan peserta ada yang berasal dari luar Pulau Galang. Acara siang itu juga menampilkan lomba joged 60 an.
Walikota mengatakan rangkauan 17 san baik ditingkat kota, kecamatan, kelurahan dan RT telah selesai diselenggarakan. Atas susksesnya seluruh rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI, Walikota mengucapkan terimakasih. Diakuinya Batam ramai apabila ada event. Menyongsong Visit Batam 2010, Pemko Batam akan menata objek wisata termasuk Jembatan Barelang. Di Jembatan Barelang akan dibangun lampu, sementara toiletnya akan dibangun oleh Otorita Batam (OB).

“Kita akan tata mulai dari toilet, parkir sampai pedagang yang berjualan disana akan kita tata,” katanya.

(humas_crew/ttn&dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -