Aplikasi SIMBADA Untuk Mempermudah Akses Manajemen Barang Pemerintah

Kabag Asset dan Perlengkapan, Salim, img_9341Kabag Humas, Yusfa Hendri img_5024BATAM - Sistem tata kelola pemerintahan yang baik secara bertahap dan terukur (tangible) merupakan komitmen dan kebijakan Pemko Batam yang secara organisatoris diterjemahkan dengan sistem manajemen yang aplikatif dan memudahkan penyelenggaraan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat di Kota Batam. Salah satu aplikasi yang mempunyai keterkaitan erat dengan penyelenggaraan Tupoksi manajemen barang dilingkup Pemko Batam adalah penerapan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah atau yang lebih akrab dikenal dengan SIMBADA.
Tugas penghitungan dan inventarisasi fisik barang daerah bertujuan untuk meyakinkan kebenaran kepemilikan serta menilai kewajaran sesuai kondisi barang dimaksud. Dari hasil inventarisasi tersebut akan muncul aktiva tetap yang benar-benar dimiliki oleh Pemerintah Kota Batam, kemudian dilakukan penilaiannya sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kota Batam yang hasilnya merupakan aktiva tetap sebagai saldo awal aset tetap dalam neraca barang pemerintah.

Untuk mewujudkan sistem informasi yang akurat dengan dukungan IT serta mendukung terwujudnya Batam Digital Island, Bagian Perlengkapan dan Aset Setdako Batam, selaku leading sektor tata kelola barang di Pemko Batam, melakukan bekerjasama dengan PT Indos Nesos Gemilang sebagai pihak konsultan dengan menggelar pelatihan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) berbasis jejaring internet atau website pada Kamis pagi (11/06) di lantai 4 kantor Walikota Batam. Peserta pelatihan sekitar 100 orang dari seluruh SKPD di lingkungan Pemko Batam selama hari kedepan dengan tujuan untuk sosialisasi dan memberikan pemahaman yang utuh penerapan sistem aplikasi SIMBADA tersebut dalam SKPD nya masing-masing yang sifatnya terpusat melalui server khusus sebagai sistem aplikasi perangkat lunak (software) komputer yang dibangun dalam rangka pengelolaan, inventarisasi barang-barang milik daerah dengan menampilkan format-format laporan standar yang telah dibakukan serta mudah dilaksanakan.

Kepala Bagian Perlengkapan dan Aset Pemko Batam, Salim, S.Sos dalam sambutannya yang mewakili Walikota Batam mengatakan aplikasi Simbada Pemko Batam berdasarkan Permendagri No 17 tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Keputusan Menteri Dalam Negeri No 152 tahun 2004 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Daerah. Aplikasi Simbada berbasis website ini pada tahap awal sebenarnya telah diterapkan di lingkungan Pemko Batam sejak tahun 2008 yang lalu secara terbatas dengan dukungan pembiayaan dari sumber-sumber keungan daerah yang dialokasikan dalam APBD Kota Batam sebagai bentuk komitmen Walikota dan Wakil Walikota Batam dalam peningkatan kualitas layanan publik dengan penggunaan teknologi informasi (IT) sesuai prioritas, katanya diawal sambutannya.

Sementara, Indrawati, S.Kom., selaku koordinator konsultan dari PT Indos Nesos Gemilang menjelaskan keunggulan dari Simbada yang mudah diakses karena dapat dijalankan di semua komputer yang terhubung dengan server tanpa membutuhkan konfigurasi atau setting yang rumit. “Cukup jalankan browser (Internet Explorer, Mozilla, dsb), sistem dapat diakses dengan mudah, karena sistem dibangun dengan berbasis web”, katanya seraya mempromosikan keunggulan produk IT yang dikuasainya tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fleksibilitas tinggi, desain aplikasi yang modular, sehingga dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan proses bisnis atau aturan kebijakan manajemen dikemudian hari. Arsitektur aplikasi sangat memungkinkan untuk melakukan perubahan atau penambahan fitur aplikasi. Hal yang tidak kalah menariknya adalah dengan User Friendly dengan memberikan keleluasaan kepada pengguna berupa aplikasi sistem yang berorientasi pada pengguna (user oriented), sehingga proses pemahaman penggunaan sistem dapat dipelajari dengan cepat.

Terkait sistem yang digunakan berupa Multi Platform, yang dapat berjalan pada semua Sistem Operasi (MS Windows, Unix/Linux atau Mac OS) sehingga tidak menyulitkan bagi sistem operasional yang berbeda. Dan memiliki Interoperabilitas dengan Aplikasi Lain sehingga data-data yang dihasilkan aplikasi dapat dieksport ke dalam format file yang umum digunakan, seperti Microsoft Excel, sehingga proses pencetakan (print-out) dapat dilakukan dengan lebih mudah. Aspek keamanan juga dijamin dengan sekuritas yang tinggi dan mumpuni yang mengandalkan sistem otentifikasi dan hak akses yang detail dalam mencegah akses data oleh orang yang tidak memiliki hak. Hal yang tak kalah pentingnya juga yang dimiliki sistem ini yang memiliki Arsitektur 3-Tier, yang memungkinkan aplikasi dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan, kata Indrawati dengan penuh semangat.

Bambang Putranto, salah satu konsultan yang menangani aplikasi SIMBADA tersebut menjelaskan konfigurasi penggunaan aplikasi Simbada berbasis web berupa data base tekstual terpusat dikelola dengan R-DBMS MySQL bagian perlengkapan dan aset ditempatkan di server masing-masing SKPD. Jaringan aplikasi Simbada Pemko Batam menggunakan Lokal Area Network (LAN). Sementara server digunakan sebagai media penyimpanan data base yang dapat diakses secara cepat oleh user atau pengguna dari lokasi berbeda dan terhubung online ke internet. Client dalam hal ini SKPD atau pengurus barang berfungsi sebagai user atau penginput data yang mempunyai otorisasi dalam mengakses program Simbada dari server yang telah tersedia didalamnya program berbasis web dan memiliki akses data base.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan bahwa aplikasi SIMBADA ini merupakan kewajiban bagi setiap pengurus barang/bendahara barang dimasing -masing SKPD sebagai operator di satuan kerjanya dengan tanggung jawab penuh oleh masing-masing pimpinan SKPD.  “Sekalipun semua data-data terkait dengan barang dan inventaris telah diinput, bukan berarti tugas dan kewajiban para pengurus dan penyimpan barang sudah selesai, melainkan harus memberikan laporan dalam print-out dan/atau hard copy, sehingga dapat melakukan cross-check data serta meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan”, kata Yusfa menutup keterangannya.

(*hmscrew)

6 Responses for “Aplikasi SIMBADA Untuk Mempermudah Akses Manajemen Barang Pemerintah”

  1. Rika Handayani Siregar says:

    Mau dunk iktan BImtek Simbada penting bgt nie buat sluruh SKPD

  2. Jenny says:

    Thank you for your great weblog. I also must say that your weblog design is a pleasure to view. Keep up the good perform.

  3. ANCHY says:

    MAU TANYA YA KAPAN DIADAKANNYA BIMTEK APLIKASI SIMBADA TAHUN 2010 KALAU MEMANG ADA TOLONG KIRIMKAN KE KAMI YA SOALNYA SKPD KAMI SANGAT MEMBUTUHKAN APLIKASI TERSEBUT DALAM WAKTU DEKAT INI, KALAU MEMANG ADA DIADAKAN TOLONG KIRIMKAN BROSUR PENDAFTARAN KE EMAIL SAYA ATAU KE : RSUD KABUPATEN BUOL D/A. JLN. PADAT KARYA KEL. LEOK II KEC. LIPUNOTO KAB. BUOL SULAWESI TENGAH.

  4. yayat says:

    Untuk Bimtek Sekitar Bulan Juni 2010

    untuk informasi simabada silahkan masuk ke web site simabada.com.

    Terima Kasih

    Yayat
    Bag. Perlengkapan dan Aset
    Setdako Batam

  5. PAJAR YANTO says:

    MAU TANYA YA KAPAN DIADAKANNYA BIMTEK APLIKASI SIMBADA TAHUN 2010 KALAU MEMANG ADA TOLONG KIRIMKAN KE KAMI YA SOALNYA SKPD KAMI SANGAT MEMBUTUHKAN APLIKASI TERSEBUT DALAM WAKTU DEKAT INI, KALAU MEMANG ADA DIADAKAN TOLONG KIRIMKAN BROSUR PENDAFTARAN KE EMAIL SAYA ATAU KE FAXIMIL KANTOR KAMI YAKNI : BAPPEDA KOTA PALANGKA RAYA D/A. JLN. TJILIK RIWUT NO. 98 PALANGKA RAYA FAX (0536) 3231539

  6. PAZJARYMAIL says:

    MAU TANYA YA KAPAN DIADAKANNYA BINTEK APLIKASI SIMBADA KALAU MEMANG ADA TOLONG KIRIMKAN KE KAMI YA SOALNYA SKPD KAMI SANGAT MEMBUTUHKAN APLIKASI TERSEBUT DALAM WAKTU DEKAT INI, KALAU MEMANG ADA DIADAKAN TOLONG KIRIMKAN BROSUR PENDAFTARAN KE EMAIL SAYA ATAU KE FAXIMIL KANTOR KAMI YAKNI : BAPPEDA KOTA PALANGKA RAYA D/A. JLN. TJILIK RIWUT NO. 98 PALANGKA RAYA FAX (0536)3231539

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -