Wawako : Optimalkan Sistem Penerimaan Siswa Baru Secara Terpadu

sms-on-line

BATAM – Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia terkait penguasaan teknologi informasi, Dinas Pendidikan Batam bekerjasama dengan PT Telkom melakukan Penerimaan Siswa Baru (PSB) secara online. Wakil Walikota Batam Ria Saptarika menerima tim tersebut (1/05) diruang rapat lantai 5 kantor Walikota Batam.

PSB Online, adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Merujuk pada SK Kepala Dinas Pendidikan Batam Nomor: kpts /420.3/SEKR/V/2009 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun pelajaran 2009/2010 berencana melakukan PSB online di SD,SMP dan SMA. Minimal 30 sekolah yang akan menggunakan PSB, dengan rincian 13 SD, !3 SMP dan 4 SMA/SMK. SDN 001 Batuaji, SDN 001 Batam Kota, SDN 001 Sei Beduk , SDN 002 Sagulung, SDN 002 Sekupang, SDN 002 Lubuk Baja, SDN 004 Batuaji, SDN 004 Batu ampar, SDN 004 Nongsa, SDN 006 Bengkong, SDN 006 Batam Kota, SDN 007 Sekupang, SDN 011 Sagulung. SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6,SMPN 9, SMPN 10, SMPN 11, SMPN 12, SMPN 16, SMPN 20, SMPN 25, SMPN 26, SMPN 29, SMPN 31.       SMAN 8, SMAN 4, SMAN 5, SMKN 2 PSB Tahun Pelajaran 2009/2010

Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI ) di Kota Batam dilaksanakan melalui jalur diluar PSB Online dan pelaksanaannya dilakukan sebelum PSB Online. Pelaksanaan PSB Sekolah Bertaraf Internasional diatur dalam ketentuan tersendiri di luar Juknis ini; Sekolah sebagaimana dimaksud diatas adalah : SD Negeri 006 Sekupang, SMP Negeri 6, SMA Negeri 1, SMA NEGERI 3, SMK Negeri 1.

PT Telkom telah menjalin kerjasama dengan 6 kota diantaranya Malang, Yogyakarta, Jakarta, Probolinggo, Padang dan Bojonegoro, baru Batam yang akan menggunakan PSB dari tingkat SD.

Jadwal PSB mulai dari 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2009. Seleksinya 4 Juli 2009 dan pengumumannya 6 Juli 2009 pukul 10, pendaftaran ulang 7-8 Juli 2009. Khusus untuk SMK calon siswa diwajibkan mengikuti seleksi tes kejuruan yang dilaksanakan tanggal 4 Juli 2009.

Ria meminta tim dinas pendidikan Batam dan PT Telkom untuk membentuk jaringan komunikasi antara sekolah dan pemilik dari system agar dapat selalu terpantau akan kebutuhan sejalan dengan perubahan teknologi atau adanya competitor yang lebih hebat.

Secara umum tujuan penerapan PSB Online, antara lain: meningkatkan mutu layanan pendidikan.Menciptakan sistem penerimaan siswa baru yang terintegrasi, akurat dan transparankan, dengan lebih praktis dan efisien serta menyediakan basis data sekolah yang akurat.

Menurut Rustam wakil dari Dinas Pendidkan ketentuan PSB Online diantaranya calon siswa dapat memilih 3 (tiga) sekolah yang mengikuti PSB Online dan  bebas mendaftar di salah satu sekolah manapun yang membuka loket pendaftaran PSB Online Tahun Pelajaran 2009/2010 Kota Batam, tidak harus sekolah yang menjadi tujuan;calon siswa hanya diijinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya; calon siswa diijinkan untuk mengundurkan diri dari PSB Online dengan konsekuensi tidak dapat mendaftar kembali melalui sistem PSB Online di Kota Batam pada Tahun Pelajaran 2009/2010.

Setelah pengumuman hasil seleksi, calon siswa yang tidak diterima di SMA melalui PSB Online dapat mendaftarkan kembali sebagai calon siswa SMK sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku dalam PSB Online Tahun Pelajaran 2009/2010 Kota Batam.

Syarat dan ketentuan pendaftaran PSB online dapat diakses melalui www.siap-online..com. (nana)

4 Responses for “Wawako : Optimalkan Sistem Penerimaan Siswa Baru Secara Terpadu”

  1. Agung kurniawan says:

    saya merasa senang dengan sistem PSB Secara online karena akan mempermudah orang tua dalam mencarikan sekolah bagi anaknya. apalagi ditambah dengan adanya pilihan 1 ,2 ,dan ke 3 ,sehingga orang tua cukup mendaftar di satu sekolahan saja. bravO buat pak WAWAKO .

  2. izulthea says:

    bos, mana lokasi daptar online buat anak SD SDN 02/04 tanjung uma?
    alamatnya cantumin donk. Masak berita tp kurang informasinya?

    yang situ tulis bukan lokasi daptar kan?
    tp tempat jualan aplikasi Online?

  3. eshabe says:

    Ini PSB online apa SIAP online? keduanya kan jauh banget! ;(

  4. Bayu says:

    Pak Dimana Yh penerimaan siSwa Baru SMPN 6 Batam ?

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -