Wako Batam Tinjau Penyaluran BLT di Kantor Pos Sagulung

Wako Batam tinjau distribusi BLT di-sagulung-foto-by-irwansyahukBATAM - Sesuai dengan program Pemerintah terkait penyaluran dana bantuan langsung tunai (BLT) di Kota Batam tahap I Tahun 2009 cair bulan ini untuk dua bulan sekaligus, yaitu periode Januari dan Februari 2009, maka Walikota Batam secara langsung turun memantau secara dekat proses pendistribusian dana kompensasi bagi masyarakat miskin di Indonesia tersebut.Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang pada tahun sebelumnya meninjau penyaluran BLT di kisaran Batam Centre, tadi pagi (25/03) langsung bergegas menuju pemukiman padat penduduk di Kecamatan Sagulung. Di kantor pos yang masih bersatutus cabang Sekupang tersebut, Wako yang didampingi Kabag Humas Pemko batam langsung menyapa warga yang sedang mengantri sambil menunggu giliran untuk pencairan haknya selaku penyandang rumah tangga miskin di Batam tersebut.

Pencairan kali ini, Pemko Batam bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dengan mengacu pada data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengakumulasi jumlah RTS Batam yang akan menerima BLT tahun ini berjumlah 33.408 kepala keluarga (KK) dan merujuk pada jumlah RTS yang telah mencairkan tahun 2008 tersebut maka jumlah RTS yang akan dicairkan tahun ini pun  sebanyak 31.046 KK.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, tahun 2008 lalu, jumlah penerima BLT di Batam mencapai 33.408 RTS. Namun yang mengambil dana BLT 2008 hanya 31.046 RTS. Sisanya, sebanyak 495 RTS dibatalkan oleh BPS dengan pertimbangan ketidakakuratan data dan 1.867 RTS tidak mencairkan dana BLT mereka. Sehingga, sisa dana BLT 2008 mencapai Rp1,3 milyar dan sudah dikembalikan ke pusat oleh penyalur yaitu PT Pos Indonesia Cabang Batam, ungkap Yusfa.

Saat ini penyaluran BLT ini dilakukan secara serentak diseluruh kecamatan di Kota Batam, khusus untuk pos pelayanan Sagulung akan melayani Kecamatan Sagulung dan Batu Aji yang digilir dan sesuai jadwal terakhir penyaluran sampai hari selasa (31/03).

(*ttn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -