Besok Malam, STQ II Tingkat Kota Batam Akan Berakhir

Kabag Humas, Yusfa HendriBATAM- Semarak penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) II tingkat Kota Batam sebagai  simbol dakwah menuju Batam sebagai Bandar Dunia Madani besok malam akan segera ditutup secara resmi oleh Bapak Walikota Batam. Sebagaimana pesan Bapak Walikota saat pembukaan 3 hari yang lalu, hendaknya umat Muslim dapat mengamalkan ajaran Al Qur’an dalam kehidupannya sehari-hari.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, mengatakan penyelenggaraan STQ II Tingkat Kota Batam tahun 2009 ini merupakan wahana dalam membina generasi muda yang Qur’ani dan mampu meneladani Rasulullah Muhammad SAW dalam kesehariannya dan menjadi prioritas pembangunan SDM Kota Batam sebagai salah satu misi Pemerintah Kota Batam dengan menjalin kerjasama dengan Departemen Agama dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Batam, katanya disela-sela peninjauan penyelenggaraan STQ pada hari ketiga kemarin (13/3).

Penunjukan Kecamatan Batam Kota sebagai tuan rumah pada tahun ini merupakan penghargaan kepada kecamatan mainland yang pada STQ I Tahun 2008  yang lalu di Sekupang, kontingen Batam Kota berhasil menggondol juara umum.

Kegiatan STQ II 2009 sudah berlangsung selama 4 hari dan besok akan ditutup secara resmi. Walikota, Wakil Walikota dan unsur Muspida Batam serta tokoh-tokoh masyarakat dijadwalkan akan menghadiri acara penutupan tersebut serta mengumkan para peserta yang berhasil keluar sebagai pemenang dalam berbagai kategori yang diperlombakan.

Dipelataran Dasquare Pasar Mega Legenda – Legenda Malaka Batam Centre, Kecamatan Batam Kota tersebut akan diumumkan pula salah satu kontingen dari 12 kecamatan yang ikut dalam STQ ini. Kecamatan mana yang akan keluar sebagai pemenang atau juara umum? Mari kita saksikan besok malam tepat pada pukul 19.00 wib bertempat di Komplek pertokoan Mega Legenda Batam Centre tersebut.

STQ juga Dimeriahkan Festival Rebana &  Kompang Piala Ibu Walikota Batam

Berbeda dengan pelaksanaan STQ tahun sebelumnya, guna menambah meriahnya syiar agama di Kota Batam, panitia, selain menggelar Bazar, juga akan menyelenggarakan Festival Rebana dan Kompang antar kecamatan, dengan memperebutkan piala bergilir Ibu Walikota Batam dan Ibu Wakil Walikota Batam. Kegiatan festival rebanadan kompang ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan musabaqah .

Untuk ajang tilawah, para kafilah akan mengikuti musabaqah pada cabang tilawah tingkat Anak-anak, tilawah tingkat Remaja, dan Tilawah tingkat Dewasa.

Pada Cabang Tartil Al Qur’an, para kafilah akan mengikuti musabaqah pada cabang Tahfiz Alqur’an 1 Juz, Tahfiz 5 Juz, Tahfiz 10 Juz, dan Tahfiz 30 Juz. Penilaian kemampuan para kafilah dilakukan oleh 80 orang dewan hakim, yang terdiri dari para dewan hakim senior yang selama ini tercatat sebagai dewan hakim tingkat kota dan tingkat provinsi.

Seperti yang diprediksi sebelumnya, Batam akhirnya menjadi juara umum perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) III Kepri yang diselenggarakan di Kabupaten Natuna. Batam mendapat poin 110 disusul, Kabupaten Karimun, dan Tanjungpinang, di hari terakhir pelaksanaan MTQ, Senin (26/5) sekitar pukul 20.00 WIB.

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, prestasi Batam dibidang seni tilawah terus berbinar. Pada penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Natuna , kafilah asal Kota Batam meraih gelar juara umum termasuk pada penyelenggaraan STQ Provinsi Kepri di Kota Tanjungpinang.

Pada MTQ Natuna, 95 persen jumlah qori dan qoriah yang masuk final, Batam menempatkan wakilnya sebagai finalis seluruh kategori. Sehingga tidak heran bila dari seluruh kategori yang dilombakan, 85 persennya diraih oleh Batam.

Tingkat nasional, prestasi kafilah asal Batam cukup membanggakan. Begitu juga di tingkat Asean. Ketika MTQ Nasional Provinsi Banten, dan saat MTQ tingkat Asean di Jogyakarta, Batam boleh berbangga diri karena bisa menempatkan qori ciliknya Mukhlis Saputra (12) sebagai qori terbaik tingkat anak-anak di kawasan Asia Tenggara.

Atas prestasi-prestasi tersebut, Batam kini diusulkan untuk menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi yang akan diikuti oleh 7 kabupaten/kota di Kepulauan Riau.

(*ttn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -